Monday 12 October 2015

Cara Cepat Melatih Mental Tempur Pleci

mental kuat, tidak cepat down

Tak sedikit dari pleman mania yang mendapatkan burung pleci dengan mental yang kurang baik, itu terjadi dapat karena mental pleci yang belum terlatih atau memang mental pleci yang sedang turun karena stress dll. Mental pleci ini sangat berpengaruh pada penampilannya di gantangan. Bagaimana tidak? Pleci –pleci yang dapt tampil di gantangan hanya pleci yang mempunyai mental bagus dapat tetap melantunkan kicauannya walaupun panas, dingin dan gangguan lingkungan sekitar. Setelah kita mengerti manfaat mental burung pleci ini maka saatnya kita mencari cara cepat melatih mental tempur pleci kesayangan kita. Berdasarkan pengalaman pleman mania cara ini banyak digunakan untuk memperkuat mental pleci :
  •  Memandikan

Sesering mungkin memandikannya boleh dengan semprot atau dengan cepuk besar. Pleci sangat menyukai air ini terbukti dengan seringnya pleci terlihat mandi di cepuk minumnya. Selain mandi kegemaran pleci, mandi juga dapat membuat tubuh pleci terasa segar dan sebagai terapi mengatasi stres dengan memberikan kebiasaan yang biasa dilakukan di alam. Waktu yang baik dalam penjemurannya adalah malam pukul 19.00-21.00, pagi 07.00-09.00, sore 15.00-16.00 WIB. Disarankan untuk memandikannya malam hari saat burung dalam keadaan tenang.
  • Pengembunan

Selama dalam pelatihan mental lakukan pengembunan di pagi hari pada pukul 03.00-06.00 WIB. Latihan ini dilakukan agar burung mendapatkan sirkulasi udara yang baik di paru-parunya dan biasanya akan merangsang burung untuk berbunyi call dan ngalas sekeras-kerasnya karena merasa senang. Latihan seperti ini juga baik untuk dilakukan bukan pada saat latihan mental saja tetapi baik juga untuk rutin setiap hari.
  • Penjemuran

Lakukan penjemuran pagi pukul 07.00-09.00 dan sore 16.00-17.00 WIB, ini waktu yang paling baik untuk menjemur burung saat matahari tidak terlalu panas. Burung pleci juga suka berjemur, sehingga pleci sangat baik di jemur dengan waktu yang cukup. Selain dapat menguatkan mental penjemuran juga berguna untuk kebugaran tubuh pleci agar lebih semangat.
  • Gantangkan burung di tempat yang ramai

Membiasakan burung pleci kita di tempat yang ramai juga sangat diperlukan untuk memperkuat mentalnya. Hal ini dilakukan agar burung terbiasa dengan keadaan yang ramai banyak lalu lalang orang, kendaraan atau yang lainnya. Semakin sering melakukan hal tersebut burung akan terbiasa dengan keadaan tersebut sehingga burung akan tetap berkicau walaupun dengan keadaan yang tidak memungkinkan.
  • Membawa burung pleci jalan-jalan

Hal ini dimaksudkan agar burung selalu melihat sesuatu yang baru agar burung tersebut tidak jenuh dan terbiasa dengan hal-hal baru serta lingkungan yang baru. Semakin sering burung pleci jalan-jalan maka burung tersebut akan semakin cepat beradaptasi dengan situasi baru.

Inilah beberapa tips Cara Cepat Melatih Mental Tempur Pleci semoga anda dapat mempraktekan dengan baik, dan sesegera mungkin burung pleci kesayangan anda berbunyi dengan mental kuat. Salam pleman.




No comments:

Post a Comment